Langsung ke konten utama

Problematika Sosial


     Kejamnya Human Trafficking!



Kali ini seperti biasa aku akan bahas sesuatu yang unik dan menarik, serta beda dari artikel sebelumnya. Kalau yang sebelumnya bahas banyak banget teori, kali ini nggak banyak teori, karena aku bahas masalah di kehidupan sekitar, yaitu Human Trafficking atau Perdagangan Manusia. Ngeri-ngeri gimana gitu bahas masalah ini, karena ya ngga wajar, masa manusia diperjualbelikan. Dikira sini hewan? Benda? 
   
Human Trafficking bukan sekadar penjualan organ !

Negara kita ini merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia atau HAM. Dengan banyaknya undang-undang yang ditetapkan mengenai pelanggaran HAM, sebenarnya tidak menjadikan manusia takut akan sebab akibat perdagangan manusia ini. Justru di Indonesia ini yang istilahnya negara demokrasi dan negara taat HAM, malah menjadi negara yang banyak banget terjadi perdagangan manusia, bahkan mulai dari bayi hingga dewasa.
  1. Kenapa Human Trafficking masuk dalam konteks HAM? Karena kalo menurut aku, yang namanya hak asasi kan sangat menjunjung manusia sebagai makhluk Tuhan yang berhak dan wajib dalam menjalani hidup dengan baik gitu. Jadi ngga wajar kalo namanya manusia dijadikan penjualan. Termasuk sudah melanggar undang-undang dan mirisnya, negara kita sudah biasa akan hal itu dan ngga perlu takut kalo seakan-akan masuk penjara/ hukuman apalah itu ya. Btw, kemarin 10 Desember! Hari HAM sedunia kan ya? Right! Selamat Hari HAM Sedunia.
  2. Secara istilah, perdagangan manusia adalah segala bentuk jual beli terhadap manusia, dan juga ekploitasi terhadap manusia itu sendiri seperti pelacuran (bekerja atau layanan paksa),perbudakan atau praktek yang menyerupainya, dan juga perdagangan atau pengambilan organ tubuh manusia.
  3. Perdangan manusia bukan sekadar penjualan organ saja, namun banyak sekali dan yang aku tulis sesuai dengan kehidupan sehari-hari :
      Kejahatan Seks
    Menurut berita yang aku baca di instagram, twitter, dan majalah, kejahatan seks ini berupa pelacuran atau kerja paksa seks. Aku kaget waktu baca sebuah kisah nyata, ternyata banyak banget anak kecil yang sudah bekerja sebagai pelacur bersama ibunya dan parahnya, keluarganya bersikap seolah-olah itu hal wajar, ngeri kan ya, hiii. Mereka terpaksa bekerja sedemikian karena untuk mencukupi kebutuhan hidup dengan gaji yang lumayan besar dan biasanya orang-orang seperti itu susah kalau mau keluar dari pekerjaan yang sudah membuatnya jadi member bertahan. Termasuk kerja paksa juga kan ya? Dan itu penah dibuat novel, cuma aku lupa siapa penulisnya dan apa judulnya.

      Tenaga kerja (perbudakan)
     Misalnya profesi sebagai pembantu rumah tangga. Banyak sekali para pekerja pembantu RT yang diperlakukan sewenang-wenang oleh majikannya, bahkan sampai menyakiti secara fisik dan batin. Hal itu bisa juga disebut sebagai Human Trafficking karena melakukan  manusia semena-mena dan menyalahi aturan HAM.

     Eksploitasi terhadap anak
     Dalam arti luas, eksploitasi anak bisa berarti buruh anak. Semacam kegiatan pemaksaan anak di bawah umur untuk bekerja.
     
     Penjualan bayi
      Nah, kasus ini paling sering terjadi di Indonesia. Biasanya mereka yang hamil di luar nikah, saat anaknya lahir, terpaksa harus menjual bayi ke orang tertentu untuk ditukar dengan uang. Biasanya mereka mulai bingung, ini anak mau dibawa ke mana, udah haram, nggak mau ada yang ngurus dan terpaksa mereka menjual bayi yang tidak berdosa ini.
     
    Penjualan organ manusia
     Pernah suatu ketika, tahun 2012-an heboh yang namanya peristiwa penjualan organ. Baik hati, ginjal, mata, dan sebagainya. Waktu itu booming-booming nya terjadi di Indonesia. Ada banyak factor yang menyebabkan mereka rela menjual organ. Bisa jadi karena factor ekonomi, kekurangan uang untuk makan atau biaya pendidikan, dan terpaksa menjual sebagian organnya. Bisa juga karena ada organisasi khusus yang suka menculik anak-anak kecil dan menbawanya pergi kemudian diambil organ-organnya yang dirasa mahal untuk dijual.
    
    Dan ini ada spesifikasi harga masing-masing organ di pasar gelap berdasarkan survey pemerintah, antara lain :
1.  Sepasang bola mata: US$ 1.525 atau sekitar Rp 14 juta
2. Kulit Kepala: US$ 607 atau sekitar Rp 5,56 juta
3. Tengkorak dengan Gigi: US$ 1.200 atau sekitar Rp 11 juta
4. Bahu: US$ 500 atau sekitar Rp 4,6 juta
5. Arteri koroner: US$ 1.525 atau sekitar Rp 14 juta
6. Jantung: US$ 119.000 atau sekitar Rp 1,1 miliar
7. Hati: US$ 157.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar
8. Tangan dan lengan: US$ 385 atau sekitar Rp 3,5 juta
9. Pint darah: US$ 337 atau sekitar Rp 3,1 juta
10.  Limpa: US$ 508 atau sekitar Rp 4,6 juta
11.   Perut: US$ 508 atau sekitar Rp 4,6 juta
12.   Usus Kecil: US$ 2.519 atau sekitar Rp 23 juta
13.   Ginjal: US$ 262.000 atau Rp 2,4 miliar
14.   Kandung empedu: US$ 1.219 atau sekitar Rp 11,1 juta
15.   Kulit: US$ 10 atau sekitar Rp 91.000 per inci persegi

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya Human Trafficking :

1.      Kemiskinan
Biasanya jika seseorang sudah lama miskin dan malas untuk bekerja, mereka akan melakukan segala hal untuk mendapat uang. Salah satunya dengan perdagangan manusia ini.

2.      Keinginan cepat kaya
Dunia semakin rumit dan kompleks. Didasari dengan banyaknya teknologi, sumber daya, persaingan dalam pekerjaan maupun bisnis. Agar seseorang dapat mencukupi kebutuhannya, zaman sekarang manusia selalu berpikir untuk memiliki segalanya dengan instan, cepat. Salah satunya dalam hal kekayaan.

3.      Lemahnya penegakan hukum
Status hukum di negara kita memang selalu menjadi topik hangat pembicaraan. Banyak memang, orang yang selalu menjunjung tinggi ilmu-ilmu hukum namun masih lemah dalam penegakannya di kehidupan sehari-hari. Entah bagaimana cara pemerintah untuk mencari solusi dalam kasus ini yang jelas penegakan hukum di lingkungan masyarakat masih kurang.

4.      Media Massa
Sejak abad ke-20 hingga 21, media massa sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya pun beraneka ragam. Bisa sebagai situs jual beli online, pendidikan, hiburan, dan kesehatan. Namun, tak banyak orang yang memanfaatkan media massa sebagai alat untuk mempengaruhi manusia untuk melakukan hal buruk seperti human trafficking ini.

Dari pembahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya human trafficking ini tidaklah benar, baik di mata agama, hukum, maupun negara. Hal itu sangat menentang adanya aturan Hak Asasi Manusia. Apapun solusi yang tepat untuk hal ini, semoga pemerintah baik dalam maupun luar negeri dapat menetapkan secara bijak dan adil tentang perdagangan manusia agar kasus ini tidak terus terjadi dari tahun ke tahun. Intinya adalah kesadaran pribadi dalam diri tiap-tiap manusia.

      

           

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teguh Karena Runtuh

  1 Pernah seseorang bertanya kepadaku, "Siapa guru terbaik kamu?"  Bagiku, tidak ada di antara mereka yang buruk, guru terbaik adalah pengalaman. Ketika kita mengalami sendiri, menjadi lebih tahu bagaimana rasanya menjadi dia, bukan?  ***  # Figur yang hilang Beberapa orang terkadang memiliki arah mimpi yang pasti dalam mencapai keinginannya. Tidak hanya sekadar imipian tinggi, bahkan keinginan kesehariannya, "Ayah, aku ingin mainan itu. Ayah, itu apa? Aku ingin ke sana," seperti itu, misalnya. Walau tidak semua anak condong ke sosok ayah, namum peran ayah sangat besar dalam kehidupan dan tumbuh kembang anak, apalagi seorang perempuan.  Ya, aku tidak seperti itu. Sudah terbiasa sejak aku kecil. Figurnya hilang, ku anggap ia melekat dalam diri Ibuku. Ibu pahlawan luar biasa. Aku tidak tahu lagi harus berkata seperti apa. Ia mengurus semuanya, walau aku sering ditinggal dan diasuh oleh saudara ibuku, juga terkadang nenek. Pernah saat kecil, temanku bertanya, "Ya

Jejak Islam di China

SEJARAH ISLAM DI CHINA Bagaimana islam masuk di China? Sejarah masjid nujie. Siapa laksamana Cheng-Ho? Bagaiama islam China saat ini? Masuknya Islam ke China Islam pertama kali masuk ke daratab China dibawa oleh misi sebuah rombongan yanh dikirimkan oleh Khalifah Utsman bin Affan, pada 651 Masehi. Rombongan dipimpin oleh Saad bin Abi Waqas. Dan diriwayatkan ayahnya yang bernama Abi Waqas, ikut dengannya.  Raja dinasti Tang saat itu yang menerima rombongan tersebut memerintahkan pembangunan sebuah masjid peringatan, yang merupakan masjid pertama di Negara itu. Perlu kalian tahu bahwa, Dinasti Tang adalah zaman keemasan China. Sejarah Masjid Nujie Masjid Nujie adalah salah satu masjid tertua yang ada di China. Masjid ini juga menjadi simbol sejarah umat Islam di China. Masjid ini berada di jantung kota Beijing. Konon, masjid tersebut berdiri sejak tahun 996 pada masa Dinasti Liao, yang sempat dihancurkan oleh bangsa Mongol. Kemudian dibangun lagi pa